13/06/2013

Survival



v. sur·vived, sur·viv·ing, sur·vives

1. To remain alive or in existence.

2. To carry on despite hardships or trauma; persevere.

3. To remain functional or usable.


 

Source: campusgifts[dot]co[dot]uk

 

Survival adalah suatu tindakan yang paling awal yang dilakukan oleh setiap makhluk yang hidup untuk mempertahankan hidupnya dari berbagai ancaman, survival adalah perjuangan agar tetap hidup. (Sumber: http://www.arismaduta.org/)

Menurut aku, selama kita hidup di dunia ini kita sedang melakukan survival. Buktinya sampai sekarang kita masih bisa menghirup udara bumi yang segar ini (nggak tau deh nanti gimana). Kalau kita nggak survive dari dulu, tentu kita sekarang udah mati.

Di bumi ini, tentu kita nggak cuma asal hidup aja kan? Ingat kata pepatah, sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berguna bagi yang lain. Selain itu kita juga kan selalu bergaul dan berinteraksi dengan orang lain, kalau kita nggak  bisa survive dalam pergaulan itu yaa..gimana -_- ini dia cara untuk survive:
S    : Size up the situation
Kita harus bisa memahami situasi yang sedang kita alami, apa kira-kira hal yang bisa kita lakukan dalam keadaan seperti itu. Misalnya kita sedang bersaing sama seseorang, kita harus mikir kira-kira strategi apa ya yang bakal dia lakukan? Gimana caranya supaya strategi itu gagal? Harus ngapain, nih?
U    : Use All Your Senses
Ini penting, nih. Gunakan perasaan kita. Kita harus peka dengan keadaan di sekitar kita. Sebelum buat keputusan, pikirin juga orang lain. Jangan seenaknya. Bisa aja keputusan kita berdampak buruk buat orang lain, atau bahkan diri kita sendiri.
R    : Remember where you are
Selalu ingat dimana kita berada, dari mana asal kita, dan kemana selanjutnya kita akan pergi.
V    : Vanquish fear and panic
Kalahkan rasa takut dan kepanikan kita! Kita ambil contoh nih ya. Katniss Everdeen, berani berburu di hutan yang jelas-jelas kalau ketauan hukumannya berat banget demi adik dan ibunya supaya nggak kelaparan. Coba kalau dia nggak berani, bisa aja mereka mati kelaparan.Tapi ingat ya, berani dan nekat itu beda tipis! Selain itu, jangan panik. Kalau kita panik, kita bakalan nggak konsentrasi ketika ngelakuin sesuatu dan bisa-bisa malah celaka gara-gara kecerobohan kita.
I    : Improvise
Ketika hal-hal yang nggak diinginkan terjadi, improve! Masih ada jalan lain yang bisa kita gunakan, jangan terpaku sama satu hal aja.
V    : Value living
Nggak ngerti....hahahaha
A    : Act like native
Ingat pepatah dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Ketika keluar kota atau berada di daerah yang bukan daerah asli kita, kita harus bisa menyesuaikan diri. Misalnya, di rumah kita biasa ngomong dengan nada tinggi. Suatu hari kita jalan-jalan ke suatu daerah yang masyarakatnya kalau ngomong lembut dan pelan. Nah, kita kalau ngomong ke mereka jangan kenceng-kenceng, bisa-bisa mereka nyangka kita marah dan jadi tersinggung, deh.
L    : Learn basic skill
Nah ini penting!! Kita harus punya keterampilan dasar agar bisa survive. Misalnya mau ulangan harian, yaa kita harus hafalin materi yang diulanganin. Mentok-mentok yaaa nyontek ekekek. Ini dia basic skill yang paling berguna banget ketika bel tinggal 5 menit lagi!

hahaha tumben bikin postingan kayak gini. Udah ah dadaaaah!!

No comments:

Post a Comment